WARTA 24 SULAWESI TENGAH

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Dana Desa Diduga Habis Dipakai Kepala Desa Sibedi Sigi

Posted by On 09.21

Dana Desa Diduga Habis Dipakai Kepala Desa Sibedi Sigi

RAKYATKU.COM, SIGI - Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap II Tahun Anggaran 2017 di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah diduga habis di rekening pribadi kepala desa.

Hal tersebut, terungkap saat adanya laporan penggunaan dan pengelolaan, dana desa yang tidak diketahui bendahara Desa Sibedi. Padahal dalam aturan Perbup dan Permendagri 113, dijelaskan semua anggaran yang berkaitan dengan dana desa harus disimpan di rekening desa.

Menurut bendahara Desa Sibedi, Arfan, pada pencairan dana desa tahun 2017 Tahap II, pihaknya tidak memegang uang selaku bendahara.

“Seharusnya anggaran desa itu disimpan pada rekening desa, bukan ke rekening pribadi. Dari total anggaran Rp. 447.453.900, dilakukan pembayaran honor deng an anggaran DD dan ADD berjumlah Rp 174.000.000. Berarti masih ada dana tersisa Rp272 juta direkening pribadi Kepala Desa Sibedi, Irianto Mantiri,” kata Arfan, Jumat (16/2/2018).

Sementara itu, ada lima aparat Desa Sibedi mengakui Irianto melakukan upaya pemaksaan untuk menandatangani kwitansi kosong untuk menjadi bahan Laporan Penanggung Jawaban (LPJ).

Baca Juga

  • KPK Akan Ikut Pantau Penggunaan Dana Desa
  • Komisi A DPRD Bantaeng: Jangan Asal-asalan Gunakan ADD
  • Cara Kapolres Bone Cegah Penyalahgunaan Dana Desa

“Ada beberapa aparat desa dipaksakan untuk melakukan penandatanganan kwitansi kosong, termasuk saya. Namun aparat desa tersebut, tetap tidak melakukan perintahnya karena cukup rawan dan dijadikan LPJ,” ucap Kepala Dusun, Arifin.

Terpisah, Kepala Desa Sibedi, Irianto Mantiri memben arkan adanya penyimpanan dana desa ke rekening pribadinya. Dengan dalil, agar penggunaan dana tersebut lebih teratur.

“Sana desa saya simpan di rekening pribadi karena menganggap pekerjaan selama ini di Desa Sibedi tidak berjalan lancar, karena pembelanjaan tidak jelas. Disimpan ke rekening pribadi agar tetap aman dan terus dalam pantauan," ungkap Irianto.

Sumber: Google News | Warta 24 Sigi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »